Kamis, 26 April 2018

3 Indikator Pengukur Tingkat Kepuasan Para Pelanggan di Media Sosial

Bisnis online -  sekarang ini ada sekian banyak orang yang telah memulai bisnis online di sosial media dan juga internet, tentunya hal seperti ini bukanlah termasuk bagian yang sulit untuk dijalankan.

Akan tetapi, sebelum memulai bisnis online di sosial media dan internet, tentunya kita memerlukan smartphone ataupun pc/laptop serta koneksi jaringan internet baik.

3 Indikator Pengukur Tingkat Kepuasan Para Pelanggan di Media Sosial


Dengan adanya semua ini, pastinya kita bisa memulai bisnis online dimana pun sesuka kita. Perlu anda tahu bahwa, ada sekian banyak produk-produk milik para pesaing di bisnis online seperti ini dan tentunya juga raja produk yang sering laris.

Dikatakan pula, bahwa ada berbagai macam produk dalam persaingan bisnis online yakni seperti fashion, produk kuliner, peralatan keperluan rumah tangga dan lainnya.

Walaupun banyak yang mengatakan bahwa awal memulai bisnis online itu memang merupakan suatu hal yang mudah dan juga praktis.

Baca juga: 26 Usaha Bisnis Ramadhan Modal Kecil di Bulan Ramadhan Yang Menguntungkan 2018

Kita pastinya tidak bisa menebak ekspektasi para pengunjung/konsumen seperti pada saat anda berhadapan muka dan bertransaksi secara langsung.

Perlu anda tahu juga bahwa, ada banyak hal yang dapat anda jadikan sebagai salah satu indikator pengukur kepuasan para pelanggan di internet dan juga media sosial.

Indikator yang saya maksudkan yakni sebagai berikut:


1. Mengukur Tingkat Kepuasan Pelanggan


3 Indikator Pengukur Tingkat Kepuasan Para Pelanggan di Media Sosial


Hal seperti ini memang merupakan suatu cara yang sangat mudah sekali untuk melakukan pengukuran dari segi volume media sosial (topik).

Anda dapat memperkirakan kepuasan seperti apa yang dirasakan oleh para pelanggan anda. Anda dapat memperkirakannya melalui pesan pribadi (chatting) dan pemberitahuan atau notifikasi yang anda terima di internet maupun sosial media.

Baca juga: 100 Peluang Usaha Bisnis Untuk Mahasiswa Yang Menguntungkan Bagi Pemula Tebaru Saat Ini

Setelah itu, tentunya kita dapat melihat respons pelanggan seperti apakah terhadap konten yang anda post di time line sosial media anda. Di sisi lain juga tentunya para pelanggan akan banyak berdiskusi tentang kata kunci business yang pastinya akan banyak dibicarakan para pelanggan dan pengguna media sosial.

Oleh karena itu, tentunya indikator seperti ini akan membuat anda dapat mengukur tingkat kepuasan para pelanggan melalui kuantitas komentar mereka.

Dengan melakukan suatu pengelompokkan respon serta pertanyaan-pertanyaan yang tentunya sangat sering sekali diajukan oleh para pengguna sosial media dan juga para pelanggan.

Anda bisa melakukan penyusunan FAQ atau dengan kata lain yakni Frequently Asking Question, Hal seperti ini tentunya akan membantu anda untuk mencari informasi-informasi tentang dunia business, online marketing, dan lainnya.

2. Indikator Yang Melalui Segi Respon


3 Indikator Pengukur Tingkat Kepuasan Para Pelanggan di Media Sosial


Hal karakteristik indikator seperti ini tentunya merupakan salah satu hal yang memang sangat detail ketika saat penggunaan.

Dengan melakukan pengukuran waktu respon yang pertama, waktu yang telah di respon, waktu berapa banyak tanggapan respon dari pelanggan dan berapa banyak tingkat pengabaian dari pelanggan.

Baca juga: Kerja Sambilan di Rumah Tanpa Modal Untuk Ibu Rumah Tangga dan Pelajar Terbaru 2018

Perlu anda tahu, bahwa penjelasan di atas sangatlah penting karena hal seperti itu ada hubungannya dengan kualitas pelayanan bisnis online anda.

Apabila dari pengukuran tersebut anda menemukan suatu tingkat respon yang telah diberikan oleh pengguna sosial media kepada anda, yang dimaksudkan yakni respon rendah serta tingkat respon pengabaiannya yang cukup tinggi.

Dalam masalah komunikasi, perlu anda ketahui bahwa jika anda menterapkan komunikasi serius, tentunya hal seperti ini malahan anda akan diabaikan dan ditinggalkan oleh para pelanggan dikalangan internet dan juga sosial media.

Oleh karena itu, anda perlu menyelesaikan semua permasalahan yang ada hubungannya dengan suatu pelayanan dan tentunya hal seperti ini juga perlu proses dan tidak instal, semoga berhasil.

3. Tingkat Kepuasan Sentimen Dalam Suatu Online Business

Yang terakhir yakni, pengukuran kepuasan para pelanggan dari segi tingkat dengan kata lain sentimen, hal seperti ini tentunya dapat dikategorikan sebagai suatu key yang memang sangatlah penting dalam melakukan online business biar berhasil dan sukses.

Jika bisnis online kita memperoleh apresiasi dan juga reaksi yang positif (respon baik), maka dengan hal ini tentu saja bisnis online kita akan terus berjalan dengan lancar dan baik.

Oleh karena itu, mulailah untuk mencoba menganalisis ataupun memperhatikan suatu feedback dan rating yang diberikan oleh para pengunjung terhadap sebuah produk, pelayanan pada bisnis online anda.

Setelah itu perlu anda lihat, apakah rating yang diberikan pelanggan bernilai negatif atau postif. Perlu anda ketahui bahwa, nilai rating seperti ini bisa dikatakan senantiasa yang tentunya akan selalu menjadi suatu acuan bagi anda untuk memperbaiki bisnis online anda dan berinovasi.

Tak hanya seperti itu saja, tingkat kepuasaan dari pelanggan yang setia juga akan menjadi suatu indikator yang sangat penting bagi suatu online business.

Hal ini dikarenakan, arena pelanggan setia yang memang sudah sangat puas sekali dan memberi dampak positif terhadap pelayanan anda, dan tentunya hal ini akan dapat mempengaruhi orang lain dan pelanggan lainnya untuk ikut percaya dan memilih bisnis online yang tepat.

Perlu anda ketahui juga, bahwa strategi yang paling tepat untuk memuaskan para pelanggan dan pengunjung yang tentunya akan berpengaruh sangat besar, hal seperti ini wajib anda laksanakan secara tepat dan juga cermat dalam berbagai macam hal.

Mulai dari suatu segi kompetitor dan juga suatu tingkat sentimen yang pastinya wajib diukur untuk dapat membandingkan apakah produk anda benar-benar berhasil atau tidak dan hal seperti ini tentunya akan membuat para kompetitor lainnya akan merasa bisnis mereka telah disaingi.

Mengapa demikian? Hal seperti ini dikarenakan para kompetitor akan sangat merasakan bahwa bisnis mereka tersaingi dan tentu dalam suatu kondisi seperti ini akan sangat berusaha untuk mempertahankan eksistensi produk mereka.

Jika dilihat dari suatu pengukuran, anda dapat menggunakan CSI atau dengan kata lain yakni Customer Satisfaction Index atau anda juga bisa menggunakan NPS atau dengan kata lain yakni Net Promoter Score.

Dengan melakukan penggunaan 2 parameter ini, tentunya anda akan bisa melakukan pengukuran seberapa besar banyak tingkat persaingan dan juga tingkat kepuasan para pelanggan terhadap produk maupun online business anda.

Jadi, jika kita akan selalu berusaha untuk mensukseskan bisnis online kita maka hal itu akan terjadi, karena usaha tak akan mendustakan hasil yang akan kita terima.

Pelajari hal-hal yang sulit anda pelajari, kerjakan apa yang orang tak bisa dalam  zkacxta mbbuctahil akan tetapi jika anda berusaha tentunya tak ada yang mustahil.

Penutup

Artikel diatas merupakan suatu penjelasan kepada anda untuk memahami suatu bisnis online dengan benar dan juga tepat. Semoga dengan membaca artikel ini anda diberi ilmu pengetahuan dalam suatu bisnis online dan mendapat wawasan yang berguna untuk bisnis anda saat ini, terus berusaha menjalankan bisnis anda dan jangan pernah menyerah dalam menghadapi tantangan, Good Luck. 




EmoticonEmoticon