Kamis, 16 Agustus 2018

6 Jenis Sambungan Pipa

Pernah berfikir bagaimana cara menyambung satu pipa dengan pipa lain untuk saluran air bersih dan pembuangan limbah? Banyak orang yang masih awam dengan hal ini. Memasang dan menyambung pipa bukanlah hal yang gampang. Pemasangan sistem pembuangan limbah dan air bersih merupakan hal yang cukup kompleks. Tidak heran banyak orang yang memasrahkan pekerjaan ini kepada ahlinya.


Namun, tidak ada salahnya juga bagi anda untuk mencoba memasangnya sendiri. Terlebih lagi ketika berada disituasi yang cukup mendesak. Memasang sambungan pipa air akan lebih mudah jika anda mengetahui jenis pipa apa yang anda perlukan. Sehingga air dapat mengalir ke tempat yang anda inginkan dan membentuk jalur pipa yang baik.

Untuk mendapatkan jenis pipa yang berbeda bukanlah hal yang sulit. Di pasaran sudah banyak tersedia jenis pipa yang mungkin anda butuhkan. Mulai dari jenis pipa untuk saluran air bersih seperti pipa HDPE dan pipa PVC. Hingga pipa buangan panas dengan bahan Polypropylene Mineral Reinforce. 

Sistem plumbing memang agak rumit. Mengatur sistem pengairan tidak bisa sembarangan karena anda harus memahami pipa seperti apa yang dibutuhkan dan dibagian mana saja anda harus memasangnya. Tidak semua pemasangan pipa paralel karena terkadang akan memerlukan sambungan yang berbelok bahkan bercabang. 

Jenis Sambungan Pipa

Ada banyak cara menyambung pipa yang dapat anda aplikasikan untuk menyambung dua atau lebih pipa yang berbeda, diantaranya adalah sebagai berikut:

1.    Sambungan Soket

Sesuai namanya, sambungan yang satu ini menggunakan soket. Biasanya pipa yang akan disambungkan memiliki dua ukuran yang berbeda. Salah satu pipa akan memiliki diameter yang lebih besar. Sehingga pipa berdiameter kecil dapat dimasukan ke pipa yang berdiameter lebih besar.

2.    Sambungan Flange

Sambungan ini bisa dibongkar-pasang karena flange sendiri memang di design untuk menyambung pipa secara tidak permanen. Sambungan flange merupakan jenis yang cukup umum digunakan untuk menyambung pipa.

3.    Sambungan Las

Merupakan penerapan yang diterapkan dengan melakukan pengelasan pipa yang berdiameter lebar dan besar. Jenis sambungan ini jarang diterapkan pada jalur pipa air bersih karena dikhawatirkan memiliki dampak buruk karena adanya logam las yang tercampur dengan air.

4.    Sambungan Ulir

Jenis ini menyambungkan kedua pipa menggunakan ulir. Sambungan ini merupakan alternatif lain dari penyambungan menggunakan las ketika ada beberapa tempat yang memang tidak diperbolehkan untuk melakukan pengelasan.

5.    Sambungan Clamp Saddlle

Biasanya diterapkan pada penyambungan dua pipa yang memiliki ukuran diameter yang berbeda. Penerapan ini bertujuan untuk membuat cabang rute utama saluran air.

6.    Sambungan Spigot

Cukup mirip dengan sambungan soket dimana menyambungkan dua pipa kedalam salah satunya.

Dengan memahami berbagai macam sambungan pipa akan mempermudah anda untuk memilih sambungan seperti apa yang harus ada gunakan saat memasang sistem perairan. Anda bisa menemukan lebih banyak jenis sambungan untuk pipa yang ditawarkan Rucika dengan harga yang terjangkau dan tentunya berkualitas.


EmoticonEmoticon